Selasa, 26 Juni 2012

Apa itu Root pada Android

Root merupakan kata-kata yang paling banyak kita denger di device Android. Apa itu root? Kalo kita buka kamus, root artinya akar, yang berarti dasar atau seperti pada tanaman, akar merupakan bagian yang sangat mempengaruhi semua bagian-bagian tanaman lain seperti batang, daun dan buah.
Nah, biasanya device android pabrikan, kita beli baru (buka bungkus) dibuat hak akses yang terbatas atau non-rooted. Device android yang rooted atau non-rooted, masing-masing punya kelebihan.
Adapun yang saya ketahui device yang non-rooted, seperti pada pengertian sebelumnya memiliki hak akses terbatas, sehingga waktu itu ketika saya melihat ada aplikasi bagus di android market dan saya install, aplikasi tersebut tidak dapat dijalankan karena aplikasi tersebut hanya bisa dijalankan untuk device yang rooted. Adapun kelebihan yang non-rooted, device kita lebih aman dari aplikasi-aplikasi yang “nakal” dan bebas BUG atau jarang terjadi error.
Sedangkan untuk yang rooted device, punya hak akses yang bebas atau tidak terbatas sehingga kita bisa menginstall semua aplikasi yang root ataupun non-root. Biasanya yang devicenya udah di root, sangat puas dengan yang namanya hp/tab/gadget android! Seperti apa yang saya rasain ini. He8x.
Nah, di sini saya hanya akan share tentang aplikasi yang buat ngecek, apakah device android kita punya bebas hak akses (root) atau non-root. Nama aplikasinya yaitu Root Checker, silahkan cari dan install lewat